081237283778 Johnefrata79@gmail.com

Penjualan small MPV PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Xpander terbilang positif. Bahkan, pesaing berat Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia ini sudah menjadi pemimpin pasar untuk small MPV bermesin 1,5 liter dengan market share hampir 45 persen atau sebanyak 75.772 unit sepanjang tahun lalu.

Menurut Head of MMC Sales and Marketing Group PT MMKSI, Imam Choeru Cahya, untuk keseluruhan pasar small MPV, Mitsubishi Xpander meraih market share sebesar 29 persen. Namun, pihaknya juga membaca, jika dihitung segmen 1,5 liter, Mitsubishi Xpander sudah menjadi penguasa pasar.

“Nah, kalau dihitung Avanza dan Xenia, mereka punya mesin 1,3 liter dan 1,5 liter. Kue paling banyak dari Toyota ini, ada di 1,3 liter, dan kami tidak punya itu,” jelas Imam di sela-sela gelaran Xpander Tons of Real Happiness di Summarecon Mall Serpong (SMS), Tangerang Selatan, Jumat (25/1).

Lebih lanjut, ketika ditanya terkait strategi pabrikan tiga berlian ini untuk benar-benar menguasai pasar small MPV, dan ketertarikan untuk juga memiliki Mitsubishi Xpander dengan mesin 1,3 liter, pria ramah ini masih enggan berkomentar lebih lanjut.

“Saya sih menginformasikan ke prinsipal, mengenai kondisi pasar yang ada. Dan dari MMC juga sering turun ke bawah, untuk mendengar langsung door to door dengan konsumen, permintaan seperti apa,” tambah Imam.

Pihak Mitsubishi sendiri juga menyadari, jika small MPV dengan mesin 1,3 liter paling banyak diserap pasar borongan atau fleet.